Hizbullah Curiga AS Buka Celah untuk Normalisasi Lebanon dengan Israel

0
238

Beirut,LiputanIslam.com-Fraksi al-Wafa di Parlemen Lebanon menyatakan, di tengah mediasi AS terkait penentuan perbatasan laut Lebanon-Israel, Washington berusaha menjebak Beirut untuk menormalisasi hubungan dengan Tel Aviv.

“Di sekitar kejadian-kejadian terbaru terkait topik penentuan perbatasan laut, ada tanda-tanda yang menunjukkan bahwa mediasi AS berusaha menciptakan kondisi tertentu, agar bisa membuka celah untuk normalisasi Lebanon dengan Rezim Zionis di masa depan,”demikian disebutkan al-Wafa dalam statemennya.

Fraksi yang berafiliasi ke Hizbullah ini menegaskan, penentuan perbatasan ada di tangan Pemerintah Lebanon, lalu menambahkan, ”Meski demikian, tugas nasional Pemerintah adalah menarik perhatian para pejabat terkait ke arah perangkap-perangkap yang dipasang mediator AS, sehingga bisa terhindar dari bahaya celah-celah normalisasi dengan Rezim Zionis. Dengan dalih apa pun, normalisasi tidak bisa diterima dan harus ditolak sepenuhnya.”

Perundingan tidak langsung antara Lebanon dan Israel terkait penentuan batas laut telah dimulai sejak Oktober 2020 di bawah pengawasan PBB dan dengan mediasi AS. Hingga kini, perundingan ini telah berjalan sebanyak 5 putaran, dan yang terakhir adalah Mei tahun lalu.

Keseluruhan luas kawasan minyak perairan Lebanon sekitar 22 ribu km persegi. Sedangkan yang dipersengketakan dengan Israel adalah seluas 854 km persegi. Kawasan ini dibagi menjadi 10 blok, yang salah satunya adalah blok minyak No 9. (af/fars)

DISKUSI: