Hindari Konflik dengan Hizbullah, israel Minta Bantuan AS

0
183

TelAviv,LiputanIslam.com-Rezim Zionis dikabarkan berusaha menekan Washington untuk mempercepat perundingan dengan Lebanon terkait kawasan ladang Karish yang dipersengketakan.

Menukil darii harian Israel Hayom dan Kanal 12 Israel, al-Arabi al-Jadid melaporkan bahwa Rezim Zionis tengah mengerahkan segala usaha untuk mempercepat proses perundingan tak langsung dengan Beirut, dengan tujuan menghindari terjadinya konfrontasi melawan Hizbullah.

Israel Hayom melaporkan, Tel Aviv telah mengirim pesan kepada pihak AS tentang pentingnya upaya mencegah konflik militer dengan faksi Perlawanan Lebanon.

Harian ini menulis, Tel Aviv khawatir bahwa kegagalan perundingan sebelum bulan September akan berujung kepada konfrontasi dengan Hizbullah.

Laporan Israel Hayom menyebutkan, Rezim Ziois telah meminta dari mediator AS, Amos Hochstein agar meningkatkan langkah diplomatiknya untuk mengakhiri perselisihan antara kedua belah pihak sesegera mungkin.

Baru-baru ini, Sekjen Hizbullah Sayyid Hasan Nasrallah menegaskan bahwa Rezim Zionis hanya punya waktu hingga bulan September untuk mengeksplorasi gas di ladang Karish.

Sayyid Nasrallah memperingatkan, jika Lebanon tidak memperoleh hak alaminya, tak satu pun pihak yang mendapatkan izin untuk menambang gas dari ladang Karish.

Beberapa waktu lalu, Hizbullah telah mengirim 3 drone nirsenjata dalam berbagai ukuran ke ladang Karish. Meski Israel mengaku telah menembak jatuh drone-drone tersebut, Hizbullah menegaskan bahwa pesan mereka telah tersampaikan kepada pihak musuh. (af/alalam)

DISKUSI: