Harian Zionis: Orang-orang Palestina Semakin Berani Hadapi Israel

0
141

TelAviv,LiputanIslam.com-Analis Zionis Yossi Yehoshua mengungkap statistik jumlah syuhada Palestina dan orang Zionis yang tewas sejak awal 2022 hingga sekarang. Yehoshua menyatakan bahwa di Tepi Barat, Gaza, dan Tanah Pendudukan sebanyak 31 Zionis tewas, sementara 150 orang Palestina gugur. Lima dari syuhada ini gugur pada Kamis lalu.

Menurut laporan harian Zionis ini, tahun 2015 adalah puncak konflik selama satu dekade terakhir, sebab dalam rentang waktu ini sebanyak 121 orang Palestina telah gugur. Sementara di tahun 2016 ketika gelombang intifada berlanjut dalam bentuk berbeda, 91 orang Zionis telah tewas. Jumlah orang Zionis yang tewas di tahun 2017,2018, 2019, dan 2020 secara berurutan adalah 38,36, 27, dan 20 orang.

Berdasarkan data Yedioth Ahronoth, jumlah syuhada Palestina dalam Perang Pedang al-Quds di tahun 2021 adalah 80 orang. Namun sumber-sumber lain menyebut angka 200 jiwa.

“Sejak awal tahun ini hingga sekarang, Shin Bet dan Tentara Israel telah menggagalkan lebih dari 450 operasi, termasuk 38 operasi pengeboman, lebih dari 300 operasi penembakan, penculikan, pelindasan dengan kendaraan, dan serangan dengan senjata tajam,”lapor Yedioth Ahronoth.

“Sekarang perang (antara pejuang Palestina dan Tentara Israel) praktis sedang terjadi siang malam di Tepi Barat, yang intensitasnya kian meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Konflik dan juga keberanian orang-orang Palestina terus bertambah. Kawasan-kawasan pemukiman Palestina sekarang sudah kenyang dengan suplai senjata militer, sehingga alih-alih melempari kendaraan-kendaraan Israel dengan batu, kini mereka melemparkan bom molotov dan menembaki pasukan Israel.”

Harian ini menambahkan, saat ini Tentara Israel menghadapi perlawanan bersenjata sengit dari para pejuang Palestina ketika memasuki kamp pengungsi Jenin atau kawasan penuh penduduk Palestina di  Tepi Barat. (af/alalam)

DISKUSI: