Haniyeh: Statemen Smotrich Tunjukkan Proyek Genosida Palestina

0
135

Gaza,LiputanIslam.com– Ketua Kantor Politik Hamas, Ismail Haniyeh merespon pedas pernyataan kontroversial Menkeu Israel Bezalel Smotrich baru-baru ini.

Dalam pertemuan dengan para pendukung Israel di Paris pada Minggu (19/3) lalu, Smotrich mengklaim bahwa “tidak ada yang bernama sejarah dan bangsa Palestina”.

”Pernyataan ini sangat berbahaya dan menunjukkan kecenderungan (Israel) untuk melakukan genosida, mengusir paksa warga Palestina, dan mengulang pembantaian tahun 1948,”kata Haniyeh.

Kemenlu Palestina menanggapi pernyataan tokoh ekstremis Zionis itu dengan mengumumkan rencananya untuk meminta Mahkamah Pidana Internasional (ICC) menangkap Smotrich.

Kantor berita Anadolu melaporkan bahwa Kemenlu Palestina dalam statemennya menyatakan, ”Kami mengamati pernyataan tak bertanggung jawab dan provokatif menteri rasis dan teroris ini, yang berpangkal pada kebencian, terorisme, kedengkian, dan klaim superioritas ras Yahudi atas bangsa-bangsa lain dunia, terutama bangsa Palestina.”

“Kami mendesak ICC untuk segera merilis perintah penangkapan teroris rasis yang telah menginjak-injak semua aturan ini.”

Kemenlu Palestina juga mendeklarasikan penentangannya terhadap “izin yang diberikan Prancis kepada Smotrich untuk merilis statemen-statemen fasis di wilayahnya”.

“Kami meminta dari Otoritas Prancis untuk memastikan bahwa segala aktivitas yang dilakukan di wilayah negara itu tidak melanggar aturan-aturan yang telah disahkan, serta tidak menuntut dibentuknya negara Israel,” tandas Kemenlu Palestina.

“Kami berharap dari Otoritas Prancis untuk membantah segala keterkaitan dengan ucapan teroris rasis ini, serta tidak menjadikan tanah Prancis sebagai pangkalan untuk menyerukan rasisme, fasisme, dan terorisme Israel. Otoritas Prancis hendaknya menegaskan bahwa pengulangan kejahatan semacam ini tidak diperkenankan.”

Kemenlu Palestina juga meminta Uni Eropa untuk mengambil sikap seragam guna mencegah masuknya Smotrich ke wilayah mereka. (af/alalam)

DISKUSI: