Hamas Sebut Israel Tak Lakukan Langkah Apa Pun untuk Pertukaran Tawanan

0
116

Gaza,LiputanIslam.com-Anggota Kantor Politik Hamas, Maher Ubaid, menyatakan tak ada kemajuan terkait rencana pertukaran tawanan dengan Rezim Zionis.

Menurut Ubaid, Israel dan kabinet barunya masih menggunakan isu pertukaran tawanan sebagai senjata media untuk menarik perhatian penduduk Israel, serta tidak memberitahukan kenyataan sebenarnya kepada keluarga tawanan.

Ia menjelaskan, Rezim Zionis masih berkutat dengan masalah pembentukan kabinet. Sudah lebih dari 400 hari Kabinet Israel belum juga terbentuk, walau 3 pemilu telah diselenggarakan.

Sebab itu, kata Ubaid, masalah pertukaran tawanan masih dalam kondisi menggantung, kendati sejumlah pejabat Israel menyinggung masalah ini melalui media.

“Tak ada kontak serius (terkait pertukaran tawanan). Juga tak ada mediator efektif yang dikirim Israel (untuk membicarakan masalah ini). Padahal kami sudah menyatakan kesiapan. Kami secara serius memprioritaskan pembebasan orang lanjut usia, wanita, dan tawanan yang sedang sakit,”papar Ubaid.

Ia menjelaskan, rencana pertukaran tawanan ini tidak terbatas pada kelompok tertentu, tapi mencakup semua tawanan dari seluruh kelompok di Palestina.

Terkait nasib para tahanan yang berada di penjara-penjara Saudi, Ubaid juga mengatakan Riyadh sama pasifnya dengan Tel Aviv.

“Ismail Haniyeh telah mengirim surat (untuk pejabat Saudi). Dia juga telah menggunakan segala cara demi perkembangan dalam masalah ini. Namun sayangnya Pemerintah Saudi tidak melakukan tindakan apa pun, dan ini memicu kekhawatiran kami,”tandas Ubaid. (af/alaam)

Baca Juga:

Haniyeh Ungkap Jumlah Serdadu Zionis yang Ditawan oleh Hamas

Penangkapan Anggota Hamas Bukti Bin Salman Mencintai AS dan Israel

DISKUSI: