Hamas Sambut Baik Upaya Aljazair Keluarkan Israel dari Uni Afrika

0
292

Gaza,LiputanIslam.com-Kelompok Hamas mengapresiasi sikap Aljazair dalam memberikan dukungan tak terbatas kepada norma Palestina, juga upaya negara ini untuk mengeluarkan Rezim Zionis dari keanggotaan di Uni Afrika.

“Sikap ini mengungkapkan kesepakatan bangsa Dunia Arab dan Islam dalam menentang normalisasi hubungan dengan Israel. Sikap ini juga menjelaskan pendirian teguh dan orisinal Aljazair dalam mendukung rakyat Palestina dan tujuan adil mereka,”tandas Hamas dalam statemennya.

Hamas mengapresiasi peran Aljazair sebagai negara yang memahami bahaya keamanan, politik, sosial, dan budaya yang disebabkan keanggotaan Israel di Uni Afrika, walau hanya sebagai pengawas; bahaya-bahaya yang akan tertuju kepada negara-negara Afrika dan rakyat mereka.

Kelompok ini meminta dari negara-negara Afrika, Arab, Islam, dan semua kaum merdeka di dunia untuk melakukan hal serupa dan menjalankan kewajiban mereka, yaitu menentang normalisasi dengan Rezim Zionis.

Setelah tersiarnya kabar Israel menjadi anggota Uni Afrika sebagai pengamat, negara-negara Afrika satu per satu mulai mengutarakan protes.

Kementerian Hubungan Internasional Namibia dalam statemennya menyatakan, negara ini sangat khawatir dan putus asa terhadap diangkatnya Israel menjadi anggota Uni Afrika sebagai pengawas.

Dalam statemen itu disebutkan, pemberian keanggotaan kepada Rezim Zionis akan meningkatkan tekanan atas rakyat Palestina dan pelanggaran HAM di negeri itu.

Namibia menegaskan, bergabungnya Israel ke Uni Afrika berlawanan dengan tujuan dan prinsip organisasi tersebut.

Sebelum Namibia, Afrika Selatan dan Aljazair juga mengecam keras posisi keanggotaan Tel Aviv di Uni Afrika. (af/alalam)

Baca Juga:

Israel Bersumbar Siap Menyerang Iran

Jihad Islam Sebut Hamas dan Fatah Mustahil Didamaikan, Ini Alasannya

DISKUSI: