Google Hapus Aplikasi Pendeteksi Virus Corona Buatan Iran

0
375

Washington, LiputanIslam.com—Google baru-baru ini menghapus salah satu aplikasi pendeteksi virus corona di Play Store. Aplikasi itu dibuat oleh pemerintah Iran.

Menurut deskripsi yang tertaut, aplikasi itu berfungsi mendiagnosa virus corona secara klinis dengan mengajukan beberapa pertanyaan medis kepada pengguna. Namun, Google tetap menghapus aplikasi itu berdasarkan kekhawatiran dari “beberapa” orang bahwa aplikasi itu berpotensi dijadikan alat mata-mata pemerintah Iran.

Situs berita teknologi, ZDNet, menyanggah klaim tersebut. Mereka mengaku telah meneliti aplikasi itu dan ternyata memang bebas dari alat mata-mata.

“Aplikasi ini bukan Trojan atau spyware berbahaya,” kata peneliti malware dari ZDNet, Lukas Stefankohe.

Menurut pernyataan ketentuan publik dari Google, alasan penghapusan lainnya adalah bahwa pengembang aplikasi Iran tidak diizinkan masuk ke Google Play karena berada di bawah sanksi AS. Hal ini mengkonfirmasikan tudingan pejabat Iran bahwa tawaran bantuan penyelesaian virus corona yang diberikan oleh AS untuk Iran adalah tawaran “hipokrit”.

“Jika kita dapat membantu Iran atas masalah ini, kita tentu bersedia melakukannya … Yang harus mereka lakukan adalah meminta [bantuan itu]. Kami akan mengirim [tenaga medis] profesional ke sana,” kata Presiden AS Donald Trump pekan lalu.

Presiden Iran Hassan Rouhani membalas bahwa tawaran itu tidak tulus karena jika Washington benar-benar ingin membantu Iran, mereka seharusnya mencabut sanksi atas pasokan medis ke Republik Islam. (ra/presstv)

 

DISKUSI: