Gedung Putih: Tak Ada Tanda Keruntuhan Pemerintahan Iran

0
73

Washington,LiputanIslam.com-Dalam acara kampanye untuk wakil dari Demokrat, Mike Levin di Negara Bagian California, Joe Biden di hadapan pendukungnya mengatakan,”Tak usah khawatir. Kita akan membebaskan Iran. Mereka akan segera membebaskan diri mereka sendiri.”

Dalam jumpa pers Jumat malam, seorang wartawan bertanya kepada Jubir Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby tentang maksud Presiden AS tersebut. Kirby menjawab,”Presiden kembali mengutarakan solidaritasnya dengan para pemrotes Iran; tindakan yang sudah dilakukannya sejak awal. Menciptakan perubahan adalah tanggung jawab rakyat Iran. Rakyat Iran sendiri yang harus memutuskan masa depan mereka.”

Saat wartawan lain bertanya, apakah ucapan Biden bahwa “mereka akan segera membebaskan diri mereka sendiri” berlandaskan evaluasi Washington bahwa Pemerintah Iran di ambang keruntuhan, Kirby menjawab,”Kami tidak melihat satu pun tanda-tanda semacam ini.”

Menlu Iran Hossein Amir Abdollahian dalam cuitannya juga menanggapi pernyataan Biden. Dalam tweet-nya, ia menyinggung peran AS dalam menebar kekerasan di kerusuhan Iran akhir-akhir ini serta upayanya untuk menghambat perundingan nuklir. Ditujukan kepada Biden, Abdollahian mencuit,”Hentikan kelakuan munafik dan dukungan kalian kepada ISIS.”

 

Jubir Kemenlu Iran, Naser Kanani dalam tweet-nya juga menulis,”Sepanjang sejarah, AS adalah penjajah dan sama sekali bukan pembebas.”

“Di mana pun AS menginjakkan kaki, ia membawa pembunuhan, penjarahan, dan instabilitas. Afghanistan, Irak, Libya, Suriah, dan selainnya ada di hadapan mata bangsa-bangsa Kawasan dan dunia,”imbuhnya. (af/alalam

DISKUSI: