Gantz Sebut Netanyahu Berbahaya bagi Keamanan Israel

0
547

TelAviv,LiputanIslam.com-Menteri Perang Israel Benny Gantz dalam laman Twitter-nya menyatakan, tindakan-tindakan terbaru PM Benyamin Netanyahu membahayakan keamanan Israel.

Gantz menyinggung perintah Netanyahu untuk melarang kunjungan Putra Mahkota Yordania, Hussein bin Abdullah ke Masjid Aqsa di Quds. Ia mencuit,”Tindakan Netanyahu melanggar kesepakatan-kesepakatan politik, juga merupakan upaya menghindar dari sistem kebijakan luar negeri dan melemahkan sistem pengambilan keputusan di Israel.”

Gantz mengkritik Netanyahu karena bertindak tanpa berunding terlebih dahulu dengan anggota kunci Kabinet Israel.

“Keputusan-keputusan Netanyahu diambil berdasarkan kepentingan pribadinya, bukan Israel,”tulis Gantz.

Usai tersiarnya berita dilarangnya Putra Mahkota Yordania memasuki Masjid Aqsa, yang berbarengan dengan kabar dibatalkannya kunjungan PM Israel ke UEA, Menlu Yordania Ayman Safadi secara resmi menjelaskan penyebab dibatalkannya kunjungan Netanyahu.

Pada Kamis pekan lalu, Netanyahu direncanakan melawat ke UEA dan bertemu dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Muhammad bin Zayed.

Netanyahu berharap, kunjungannya ke UEA dan pertemuan dengan Bin Zayed bisa membantunya meraih kemenangan dalam pemilu legislatif pada 23 Maret mendatang.

Menlu Yordania menjelaskan,”Putra Mahkota ingin melaksanakan salat di Masjid Aqsa pada malam Mi’raj. Kami telah melakukan koordinasi dengan Israel. Namun di saat terakhir, Israel mundur dari kesepakatan dan berusaha memaksakan tindakan yang membatasi warga Quds di malam suci tersebut. Oleh karena itu, Putra Mahkota membatalkan kunjungannya.” (af/fars)

DISKUSI: