Esper Ragukan Alasan Trump Bunuh Jenderal Soleimani

0
106

Sumber: Presstv

Washington, Liputan Islam.com—Sekretaris Pertahanan Amerika Serikat (AS), Mark Esper, mengeluarkan pernyataan yang bertentangan dengan Trump terkait motif pembunuhan Jenderal Soleimani.

Awalnya, Presiden AS Donald Trump menuduh Soleimani telah merancang serangan ke empat kantor kedutaan AS.

Mengomentari pernyataan Trump, Esper mengatakan pada Senin (13/1) bahwa dirinya sama sekali tak melihat adanya bukti yang membenarkan tuduhan Trump.

“Saya tak melihat satu pun (bukti rencana serangan) ke empat kedutaan,” jelasnya menjawab pertanyaan apakah ada bukti yang kuat terkait pembunuhan Jenderal Soleimani.

Baca: Nasrallah: Pejuang Lebanon Jadi Ancaman Bagi Israel Berkat Jenderal Soleimani

Pendapat Esper terlihat kontradiksi dengan pendapat sebelumnya. Ia sempat menyetujui tuduhan Trump.

“Saya setuju dengan pendapat Presiden terkait empat kedutaan. Dia (Trump) menyebut mereka mungkin akan menargetkan empat kedutaan di kawasan,” ucap Esper pada Minggu, tanpa mengonfirmasi apakah pernyataannya itu didukung oleh temuan intelijen.

“Saya tak akan membahas masalah inteligen dalam acara ini,” ujar Esper menambahkan.

Jumat lalu, militer AS atas perintah langsung Donald Trump telah melancarkan serangan ke arah Jenderal Qassem Soleimani dan wakil ketua Hashad al-Sha’abi Al- Muhandis.

Beberapa hari kemudian, Iran membalas serangan tersebut dengan menembakkan rudal presisi tinggi ke arah pangkalan militer AS di Irak. Puluhan tentara AS dikabarkan tewas karena serangan balasan itu. (Fd/Presstv)

DISKUSI: