Electoral College Resmikan Pemenang Pilpres AS, Joe Biden Berikan Pidato Pertamanya

0
159

Washington, LiputanIslam.com–Presiden terpilih AS, Joe Biden, memberikan pidato pertamanya setelah Electoral College meresmikan kemenangannya dalam pemilu presiden 2020.

Biden membanggakan kemenangan dalam pidato yang disampaikan dari kampung halamannya di Wilmington, Delaware, pada hari Senin (14/12).

Ia menyatakan telah mencapai “kemenangan yang jelas” melawan petahana Trump yang sebelumnya berulangkali menudingnya curang. Biden pun menegaskan kalau tudingan itu tidak berdasar.

“Di Amerika, politisi tidak mengambil alih kekuasaan, [tapi] rakyat yang memberikan [kekuasaan] kepada mereka. Api demokrasi telah menyala di negara ini sejak lama. Dan kita sekarang tahu bahwa tidak ada yang dapat memadamkan api itu, bahkan oleh pandemi atau penyalahgunaan kekuasaan,” katanya dalam pidato tersebut.

Ia pun menambahkan bahwa Trump telah “menolak untuk menerima keinginan rakyat” dan karenya telah menjadi ancaman terhadap demokrasi AS.

Biden kemudian bersumpah untuk “menjadi presiden bagi semua orang Amerika,” dan menyerukan solidaritas dan perdamaian di tengah atmosfer pilpres yang panas.

“Sekarang saatnya membalik halaman, seperti yang telah kita lakukan sepanjang sejarah kita. Untuk bersatu. Untuk menyembuhkan,” katanya.

Pidato singkat ini disampaikan hanya beberapa jam setelah Electoral College mengesahkan kemenangan Biden dalam pilpres 2020 yang membuka jalan menuju pelantikan pada 20 Januari. (ra/rt)

DISKUSI: