Dukung Palestina, Afrika Selatan Revisi Hubungan Diplomatik dengan Israel

0
78

Pretoria,LiputanIslam.com-Pemerintah Afrika Selatan dikabarkan akan mengkaji ulang hubungan politik dengan Rezim Zionis, sebagai bentuk dukungan terhadap rakyat Palestina.

Menurut laporan kantor berita Anadolu, Jumat (8/3), ketua parlemen Afrika Selatan mengumumkan, negaranya telah mengurangi tingkat hubungan diplomatik dengan Tel Aviv.

Terkait motif langkah Pretoria ini, petinggi Afrika Selatan tersebut menyatakan, serangan-serangan Rezim Zionis ke warga Palestina di Tanah Pendudukan dan Gaza adalah penyebab diambilnya keputusan ini.

Dilansir dari kantor berita Palestina, SAFA, Cyril Ramaphosa (presiden Afrika Selatan) mengatakan bahwa negaranya mendukung rakyat Palestina untuk menentukan nasib mereka sendiri.

Ramaphosa mengaku, keputusan untuk mengurangi tingkat hubungan diplomatik di kedubes Afrika Selatan di Israel berdasarkan kesepakatan di rapat Partai Kongres Nasional tahun lalu.

Meski demikian, Ramaphosa menyatakan, negaranya masih mengakui “hak kedaulatan Israel” di Tanah Pendudukan.

Menurut Ramaphosa, kebijakan negaranya didasari kekhawatiran atas berlanjutnya pelanggaran hak-hak warga Palestina dan penolakan Rezim Zionis untuk melakukan perundingan guna meraih solusi damai demi mengakhiri konflik. (af/alalam)

DISKUSI: