Dua Pejabat Tinggi AS Lakukan Kunjungan Dadakan ke Pangkalan Ain Al-Assad di Irak

0
650

Sumber foto: Al-Alam

Baghdad,LiputanIslam.com—Sumber-sumber berita di Irak dihebohkan dengan kunjungan dadakan Wakil Presiden AS, Mike Pence, dan Menteri Pertahanan AS, Mark Esper pada Sabtu (11/4) malam kemarin ke Pangkalan Angkatan Udara Ain Al-Assad di Provinsi Anbar, Irak.

Seperti dirilis oleh Al-Alam berbahasa Arab, menyebut Pence tiba lebih dulu ke Ain Al-Assad, sementara Esper menyusul beberapa jam kemudian.

Kedatangan dua pejabat tinggi AS ke Irak ini diduga untuk meninjau proses pembentukan dan pengaktifan sistem pertahanan Patriot dan memeriksa keadaan pasukan AS di pangkalan militer tersebut.

Belum ada informasi apakah dua pejabat AS itu akan bertemu dengan para pejabat Irak.

Baca juga: Resmi: AS Akui 11 Tentaranya Luka-luka Akibat Serangan Rudal Iran di Pangkalan Ain al-Assad

Munurut keterangan The Washington Post pada Sabtu kemarin, pemerintah AS akan mengaktifkan sistem pertahanan Patriot di Irak untuk melindungi para pasukan mereka dari serangan, seperti yang terjadi sebelumnya.
Sistem Patriot adalah sistem pertahanan udara yang dilengkapi radar canggih dan bisa melumpuhkan serangan rudal saat berada di udara.

Sampai saat ini, sekitar 5.000 pasukan AS berada di Irak dengan klaim memerangi kelompok teroris Daesh di negara itu. (fd/Al-Alam)

DISKUSI: