Dokumen Militer Bocor, Ternyata AS Sudah Tahu Ancaman Virus Corona Sejak 2017

0
1199

Washington, LiputanIslam.com—Sebuah dokumen militer rahasia menunjukkan bahwa Pentagon sudah pernah memperingatkan pemerintahan Presiden AS Donald Trump tentang ancaman virus corona dan kelangkaan peralatan medis. Dokumen tahun 2017 itu dirilis baru-baru ini oleh surat kabar The Nation pada Rabu (1/4).

“Ancaman yang paling mungkin dan signifikan adalah penyakit pernapasan baru, terutama penyakit influenza baru,” demikian salah satu penggalan di dalam dokumen itu.

Dokumen rencana tanggapan yang berjudul “USNORTHCOM Branch Plan 3560: Pandemi Influenza dan Infectious Disease Response” itu beberapa kali menyebut kata ‘coronavirus’.

Mantan Kepala Divisi Penyakit Menular dan Penanggulangan di Badan Intelijen Pertahanan AS juga telah menegaskan bahwa militer Negeri Paman itu memang sudah lama tahu tentang ancaman virus corona.

“Komunitas Intelijen telah memperingatkan tentang ancaman dari virus influenza yang sangat patogen selama setidaknya dua dekade. Mereka telah memperingatkan tentang virus corona setidaknya selama lima tahun,” jelas Kaufman dalam sebuah wawancara.

“Ada pernyataan baru-baru ini bahwa pandemi corona merepresentasikan kegagalan intelijen…. Mereka membiarkan orang-orang mengabaikan peringatan intelijen,” tambahnya.

Dokumen 103 halaman itu juga memperingatkan tentang kelangkaan peralatan medis akibat penyebaran virus.

“Persaingan untuk, dan kelangkaan sumber daya akan mencakup … MCM [Penanggulangan Medis] non-farmasi (misalnya, ventilator, perangkat medis, peralatan pelindung pribadi seperti masker dan sarung tangan), peralatan medis, dan dukungan logistik. Ini akan berdampak signifikan terhadap ketersediaan tenaga kerja global,”

Lebih dari 4.500 orang meninggal dunia akibat Covid-19 di Amerika Serikat. Total kasus yang dikonfirmasi sekarang telah meningkat menjadi hampir 211.143. (ra/parstoday/TheNation)

 

DISKUSI: