Dituduh Terima AK-47 dari Iran, Yaman: Kami Sudah Punya Jutaan

0
163

Sanaa,LiputanIslam.com-Baru-baru ini, Kemenlu AS mengklaim bahwa pada 6 Januari silam Angkatan Laut AS di Laut Oman telah menyita sebuah kapal nelayan yang “sedang menyelundupkan senjata dari Iran ke Yaman”.

Jubir Armada V Angkatan Laut AS, Timothy Hawkins mengklaim bahwa kapal patroli dan pesisir AS telah mengadang sebuah kapal mencurigakan yang berlayar di perairan internasional jalur Iran ke Yaman. Pasukan patroli mengaku menemukan dan menyita 2.116 pucuk senapan ringan Kalashnikov (lebih dikenal sebagai AK-47) dalam kapal kayu tradisional itu.

Sanaa sendiri menegaskan bahwa Yaman memiliki jenis senapan ini dalam jumlah yang melebihi kebutuhannya. Sebab itu, Sanaa mengimbau Washington untuk berhenti menyebarkan kebohongan demi mengaburkan perundingan perdamaian yang tengah berlangsung.

Menanggapi tudingan AS, Wamenlu Yaman, Husain al-Azzi melalui Twitter mencuit,” “Penyebaran dusta dan rumor semacam ini oleh Washington adalah upaya nyata untuk mengaburkan upaya-upaya perdamaian. Tentu ini bukan hal mengherankan. Hal yang perlu diperhatikan di sini hanya keterbelakangan nalar AS dan kemahirannya dalam berbohong.”

“Penting untuk diketahui bahwa Yaman tidak membutuhkan senjata semacam ini, sebab sudah ada jutaan pucuk (senjata ini) di Yaman,” imbuhnya. (af/fars)

DISKUSI: