Dirumorkan Meninggal, Kim Jong-un Hadiri Acara Publik

0
173

Pyongyang, LiputanIslam.com—Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akhirnya muncul di acara publik di Sunchon setelah beredarnya spekulasi tentang kematiannya di media-media arus utama.

Sebuah siaran berita dari radio nasional Korut melaporkan bahwa Kim ikut memotong pita di sebuah pabrik pupuk di Sunchon, Provinsi Phyongan Selatan, pada hari Jumat (1/5). Dia ditemani oleh adik perempuannya Kim Yo-jong dan beberapa pejabat lainnya.

Acara di Sunchon ini juga dilaporkan oleh kantor berita negara KCNA dan kantor berita Korea Selatan Yonhap yang menyebut kemunculannya ini “bertentangan dengan rumor” yang beredar.

KCNA pun merilis sejumlah foto dari acara tersebut, di mana Kim terlihat sedang memotong pita di pabrik sambil tersenyum dan berjalan berkeliling dengan pejabat setempat.

Kim terakhir kali muncul di depan umum pada tanggal 12 April saat memimpin rapat Politbiro. Hanya tiga hari kemudian, pada tanggal 15 April, ia tidak terlihat di perayaan ulang tahun ke-108 dari pemimpin pertama Korea Utara dan almarhum kakeknya, Kim Il-sung.

Keanehan ini mendorong sejumlah media arus utama berspekulasi bahwa Kim mungkin telah meninggal dunia. Berbagai teori tentang kematiannya pun bermunculan, dari operasi jantung yang digagalkan oleh dokter-dokter elit Cina hingga virus Covid-19. (ra/rt)

 

DISKUSI: