Dewan PBB Akan Bahas Rencana Aneksasi Tepi Barat Oleh Israel

0
150

Foto pemukiman Israel, Ma’ale Adumin, di wilayah pendudukan Tepi Barat pada 25 Februari 2020. (Photo by AFP)

Tepi Barat, LiputanIslam.com–Duta Palestina untuk PBB mengatakan bahwa Dewan Keamanan PBB akan menggelar rapat pada bulan ini unruk mendiskusikan rencana aneksasi Tepi Barat oleh Israel yang kontroversial

Dubes Riyad Mansour menyampaikan informasi ini kepada stasiun radio Voice of Palestine pada hari Kamis (7/5). Rapat tersebut akan digelar pada tanggal 20 Mei bersama dengan Ketua Dewan Keamanan PBB, Sven Jürgenson, dan Ketua Majelis Umum PBB  Tijjani Muhammad-Bande.

Mansour menyoroti bahwa negaranya bertekad untuk membentuk “barisan internasional yang kuat dan luas dari semua komponen komunitas internasional untuk menghadapi kebijakan aneksasi [Israel].”

Kebijakan Israel untuk merebut sebagian wilayah Tepi Barat memang telah memancing banyak kecaman global, salah satunya dari negara Malta. Kemenlu negara Eropa Selatan itu menegaskan bahwa rencana tersebut merupakan pelanggaran terhadap hukum internasional dan tatanan global yang ada.

Selain itu, Turki pada Kamis juga mengecam keras rencana Israel untuk membangun ribuan unit pemukiman baru di Tepi Barat. Kemenlu Turki menyebut langkah itu sebagai “kelanjutan dari kebijakan penjajahan dan penindasan Israel.” (ra/presstv)

 

DISKUSI: