Cina Yakin Wabah Corona Akan Usai Tak Lama Lagi

0
119

Beijing, LiputanIslam.com–Pemerintah Cina meyakini wabah virus corona akan usai tak lama lagi. Bersama dengan itu, ekonomi negara mereka akan pulih kembali.

“Dampak wabah ini terhadap ekonomi Tiongkok akan bersifat jangka pendek dan sementara,” tegas wakil Menlu China, Qin Gang, dalam Konferensi Keamanan Munich pada Sabtu (15/2).

“Setelah wabah berakhir, permintaan pasar akan dipenuhi dengan cepat dan ekonomi akan pulih dengan kuat,” tambahnya.

Sehari sebelumnya, Menlu Cina Wang Yi juga membela penanganan wabah yang dilakukan Beijing sembari mengecam “reaksi berlebihan” dari negara-negara lain, khususnya Amerika Serikat.

“Wabah ini terkendali secara keseluruhan,” kata Wang dalam wawancara dengan Reuters di sela-sela konferensi. “Kami telah mengambil upaya pencegahan dan kontrol yang lengkap, upaya yang sangat komprehensif, [bahkan] saya tidak yakin negara lain bisa melakukan hal yang sama,”

Menurutnya, tindakan pencegahan dari beberapa negara seperti melarang pengunjung dari Cina adalah “reaksi berlebihan dan memicu kepanikan yang tidak perlu.”

“Saya yakin … [negara-negara itu] akan melepaskan pembatasan seperti itu. Karena pada akhirnya, negara-negara ini perlu berinteraksi dengan Cina,” imbuhnya. (ra/presstv)

 

DISKUSI: