CIA Peringatkan Kemungkinan Teror Ala Khashoggi atas Aktivis Saudi

0
96

Washington,LiputanIslam.com-Dilansir oleh Guardian, biro intelijen AS, CIA, mengeluarkan peringatan, putra mahkota Saudi mungkin akan melenyapkan para penentangnya, sama seperti yang terjadi pada Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

Menurut laporan Guardian, CIA telah memperingatkan Iyad el-Baghdadi, aktivis media dan penulis asal Saudi, terkait kemungkinan teror atas dirinya.

El-Baghdadi adalah penentang keras Muhammad bin Salman. Dia menyerukan demokrasi dan reformasi di negaranya. Dia menetap di Norwegia sejak 2015 di bawah perlindungan pemerintah negara itu.

Para pejabat Norwegia mendatangi el-Baghdadi di rumahnya pada 25 April lalu untuk menyampaikan peringatan dari CIA. Mereka lalu memindahkannya ke tempat yang lebih aman.

Dalam wawancara dengan Guardian, penulis ini mengaku dirinya telah diincar Saudi. Menurutnya, aparat keamanan Norwegia menanggapi ancaman atas dirinya secara serius.

Guardian menyatakan, pihaknya telah menghubungi kedubes Saudi di Washington untuk mengetahui tanggapannya terkait berita ini. Namun pihak kedubes Saudi enggan memberikan komentar.

El-Baghdadi sendiri dilahirkan di Palestina. Dia dideportasi dari UEA lantaran pendirian-pendiriannya. Dia kemudian memperoleh suaka politik dari Norwegia. (af/yjc)

DISKUSI: