Bikin AS Grogi, S-500 Rusia Sanggup Sasar Target di Luar Angkasa

0
960

Moskow,LiputanIslam.com-Dilansir dari Sputnik, dalam beberapa hari terakhir, militer Rusia sukses menguji coba elemen-elemen penting pada sistem pertahanan terbarunya, S-500 Prometei.

Menurut para pakar, rudal-rudal S-500 sanggup menjangkau target di luar angkasa. Rencananya, S-500 Prometei akan menggantikan sistem pertahanan udara S-400.

Seorang pakar militer, Konstantin Sivkov, mengatakan, S-500 Prometei lebih unggul dari S-400 dalam hal daya jangkau rudal-rudalnya. Berbeda dengan kakaknya, S-500 bukan hanya mampu menjatuhkan rudal-rudal balistik saja, tapi juga sanggup menargetkan rudal-rudal jarak menengah. S-500 juga disebut mampu melindungi Rusia dari ancaman-ancaman luar angkasa.

“Faktanya, kami akan sanggup menyasar target-target  di luar angkasa,”kata Ivan Konovalov (kepala Pusat Analisis Strategis Rusia).

S-500, yang dibuat perusahaan Almaz-Antey ini, dirancang sanggup menempuh jarak 600 km. Sistem pertahanan udara ini secara bersamaan bisa mendeteksi 10 target berkecepatan ultrasonik dan menghancurkannya. (af/yjc)

DISKUSI: