Biden Janji ‘Pimpin Dunia’ Bersama Tim Keamanan Baru AS

0
173

Washington, LiputanIslam.com–Joe Biden memperkenalkan tim keamanan nasional barunya pada Senin (23/11) yang terdiri dari para pejabat di era pemerintahan Obama. Bersama tim ini, Biden berjanji untuk “memimpin dunia.”

Tim tersebut terdiri dari Antony Blinken untuk Menteri Luar Negeri, Alejandro Mayorkas untuk Menteri Keamanan Dalam Negeri, Avril Haines untuk Direktur Intelijen Nasional, Linda Thomas-Greenfield untuk Duta Besar PBB, Jake Sullivan sebagai Penasihat Keamanan Nasional, dan John Kerry sebagai ketua urusan iklim.

“Amerika telah kembali. Siap memimpin dunia, bukan mundur darinya,” kata Biden. Dalam pidatonya itu, ia ditemani oleh wakilnya Kamala Harris dan tim keamanan barunya.

Enam orang dari tim ini pernah menjabat di era pemerintahan Obama. Karena itu, Biden berjanji bahwa pemerintahannya akan melanjutkan tugas-tugas yang belum diselesaikan Barack Obama.

Selain itu, capres yang menang dalam penghitungan sementara pilres AS itu menegaskan bahwa ia akan keluar dari kebijakan isolasionisme “America First” yang diciptakan Presiden Donald Trump. Ia berjanji untuk menegaskan dominasi AS “baik di Pasifik maupun Atlantik” dan di seluruh dunia.

Dalam perkenalan tim keamanan ini, Biden menyoroti identitas ras dan gender dari para anggota.

Misalnya, Avril Haines dibanggakan karena ia “akan menjadi wanita pertama memimpin komunitas intelijen.” Alejandro Mayorkas juga dipilih menjadi Pemimpin Kementerian Keamanan Dalam Negeri karena ia seorang Latin dan imigran. (ra/rt)

DISKUSI: