Biden Dituntut Bertindak Berani Kembali ke JCPOA

0
2

Washington,LiputanIslam.com-Sebanyak 50 pemuka agama di AS menandatangani surat pernyataan yang meminta agar Joe Biden mengembalikan AS ke JCPOA. Surat pernyataan ini sendiri adalah inisiatif dari Free Committee on National Legislation (FCNL).

“Kami secara bersungguh-sungguh mendesak Pemerintahan Biden untuk bertahan di meja perundingan dan memiliki nyali untuk mengambil tindakan-tindakan berani demi perdamaian,”demikian disebutkan dalam statemen itu.

Statemen itu juga menyinggung pentingnya mencabut sanksi-sanksi atas rakyat Iran dan menyatakan,”Pencabutan sanksi ekonomi sesuai JCPOA akan membantu mengakhiri derita kemanusiaan rakyat tak berdosa Iran yang menanggung beban krisis ekonomi ini dan di saat pandemi Covid-19 tidak memperoleh obat dan peralatan-peralatan vital.”

Perundingan pencabutan sanksi di Wina telah mandek sejak beberapa bulan. Sejak dimulainya perundingan ini, alih-alih mengusulkan solusi praktis untuk kemajuan perundingan, Pemerintah AS justru berusaha menuding berbagai pihak memperlambat laju perundingan dan menghalang-halanginya.

Salah satu alasan pihak AS tidak melakukan tindakan yang seharusnya di perundingan Wina adalah penentangan para anggota Kongres dengan kebijakan Pemerintahan Joe Biden terkait JCPOA.

Di antara kritikan mereka adalah JCPOA tidak mencakup semua hal yang dipersengketakan Washington dengan Teheran. Di antaranya adalah aktivitas regional dan program rudal Iran. (af/alalam)

DISKUSI: