Bersimpati kepada Pemuda Palestina, Presiden Chile Batal Temui Dubes Israel

0
37

SantiagoDeChile,LiputanIslam.com-Presiden Chile Gabriel Boric membatalkan acara penyerahan surat tugas Dubes baru Israel, setelah mendapat kabar bahwa seorang pemuda Palestina tewas di tangan Tentara Israel.

Kemenkes Palestina pada Kamis lalu mengumumkan, seorang pemuda Palestina bernama Uday Saleh gugur karena ditembak serdadu Israel, sementara 3 orang lainnya terluka.

Haaretz memberitakan, di saat Dubes baru Israel telah masuk Istana Kepresidenan Chile untuk menyerahkan surat tugasnya, Boric membatalkan seremoni diplomatik tersebut. Kabarnya penyerahan surat tugas itu akan ditunda hingga bulan depan.

Boric dikenal dengan sikap anti-Zionisnya. Rai al-Youm membeberkan kecemasan Israel atas kemenangan Boric, sebab dia adalah salah satu pendukung keras Palestina dan gerakan BDS (Boycott, Divesment, and Sanctions) yang anti-Zionis.

Rai al-Youm menyebut Boric sebagai “Hugo Chaves 2021”. Sejumlah analis dan spesialis Israel telah melayangkan peringatan soal bahaya kemenangan Boric bagi Rezim Zionis. Dengan melihat sikap Boric dan tudingannya soal genosida yang dilakukan Israel, penilaian di Tel Aviv menunjukkan bahwa dukungan Boric bukan hanya terbatas untuk rakyat Palestina saja, tapi pada dasarnya ia benar-benar anti-Israel.

“Kemenangan Boric adalah kabar buruk untuk Israel, sebab sayap kiri radikal di Amerika Latin menganggap diri mereka sebagai musuh Yahudi dan menyebut Yahudi sebagai abdi imperialisme Israel. Seiring berlalunya waktu, negara-negara Amerika Latin menjadi anti-Israel. Mereka mengusung slogan bahwa Israel melakukan kebijakan apartheid atas orang Palestina, yang merupakan pertemuan kepentingan antara kekerasan dan ‘radikalisme ideologi’ melalui Kuba, Nikaragua, dan Venezuela”, tulis jurnalis Israel Hayom, Amnon Lord. (af/fars)

DISKUSI: