Berkoordinasi Lawan Iran, UEA dan Israel Bertemu Diam-diam di AS

0
136

Washington,LiputanIslam.com-Situs Axios pada hari Selasa (4/2) melaporkan, dua bulan lalu ada sebuah pertemuan rahasia di Gedung Putih antara AS, Rezim Zionis, dan UEA.

Menurut Barak Ravid (jurnalis Axios), agenda pertemuan itu adalah koordinasi segitiga untuk menghadapi Iran.

Dalam laporan itu disebutkan,”Pertemuan itu diadakan pada 17 Desember 2019. Itu merupakan salah satu dari rangkaian langkah yang diambil pemerintahan Trump untuk mendekatkan Israel dengan negara-negara Arab. Dalam pertemuan itu dibahas tentang pakta nonagresi antara UEA dan Rezim Zionis. Perjanjian itu merupakan langkah awal untuk menormalisasi hubungan diplomatik.”

Menurut Axios, pertemuan itu dihadiri Robert O’Brien (penasihat keamanan Gedung Putih), Victoria Coates (wakilnya), dan Brian Hook (ketua Satgas Iran di kemenlu AS). Israel sendiri diwakili oleh Meir Ben-Shabbat (penasihat keamanan Netanyahu). Sedangkan delegasi UEA dipimpin oleh Yousef al-Otaiba (dubes UEA untuk AS), yang memiliki hubungan dekat dengan Mohammed bin Zayed (putra mahkota Abu Dhabi).

Usai diluncurkan proposal “Perjanjian Abad Ini” pekan lalu, Abdullah bin Zayed (menlu UEA) menyarankan agar Palestina menerima proposal tersebut. Para pejabat AS dan Israel mengatakan kepada Axios, dukungan UEA terhadap proposal damai AS adalah hasil dari pertemuan di Gedung Putih tersebut. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Dubes Iran Ungkap Surat Jenderal Soleimani Sebelum Terbunuh

Lebanon Sebut Israel Langgar Wilayah Perairan

 

DISKUSI: