[Berita Gambar] Hamas Mengingat Peran Iqbal dalam Perjuangan Palestina

Juru bicara Hamas ingat Iqbal meningkatkan kesadaran tentang Palestina dan mengguncang hati nurani dunia Muslim
0
115

Liputanislam.com – Hamas Memberikan penghormatan kepada filsuf-penyair Muhammad Iqbal, pada ulang tahun ke-143, kelompok perlawanan Palestina Hamas mengenang kontribusinya terhadap perjuangan Palestina.

“Salut untuk saudara-saudara Muslim kita di Asia Selatan yang memperingati ulang tahun ke-143 penyair besar, filsuf Muhammad Iqbal,” kata juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri.

Abu Zuhri mencatat bahwa Iqbal telah berkontribusi untuk meningkatkan kesadaran akan perjuangan Palestina.

“Penyair terkenal ini telah menyebut Palestina dalam banyak puisinya dan berkontribusi untuk meningkatkan kesadaran dunia Muslim tentang Palestina,” tambahnya.

Iqbal juga dikenal sebagai sosok yang mampu mendirikan sebuah negara Muslim di Asia Selatan yang kemudian menjadi Pakistan, pernah menghadiri Konferensi Islam Umum di Yerusalem pada tahun 1931 atas undangan Mufti Amin Al-Husseini yang terkenal.

Iqbal lahir pada 9 November 1877, di kota Sialkot di Pakistan. Biasa disebut sebagai Allama (Sarjana), ia belajar di Inggris dan Jerman, mendirikan praktik hukum.Namun, ia berkonsentrasi terutama pada penulisan karya ilmiah tentang politik, ekonomi, sejarah, filsafat, dan agama.
Iqbal meninggal pada tanggal 21 April 1938 di Lahore, Pakistan. (BP/Newsnow/Ankara)

DISKUSI: