[Berita Gambar] Al-Maliki Mendukung Dua Resolusi Pro Palestina

0
76

Liputanislam.com – Seperti dikutip dari Al-Wafa, Menteri Luar Negeri dan Ekspatriat Riyad al-Maliki memuji suara yang luar biasa dari Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mendukung dua rancangan resolusi yang menegaskan hak rakyat Palestina untuk berdikari. Tekad dan kedaulatan atas tanah mereka.

Dalam sebuah pernyataan pers, al-Maliki menyambut baik pemungutan suara di Komite Ketiga Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di mana mayoritas negara dunia menyuarakan dukungan untuk rancangan resolusi tentang hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri. Rancangan resolusi disahkan pada Kamis malam dengan 163 suara mendukung, 5 menentang dan 10 abstain.

Menteri Luar Negeri menyampaikan terima kasih kepada negara-negara yang mendukung resolusi tersebut, menyerukan kepada dunia untuk bersatu menemukan mekanisme praktis untuk menerapkan hak rakyat Palestina atas penentuan nasib sendiri, termasuk menawarkan dukungan untuk inisiatif Presiden Mahmoud Abbas untuk mengadakan konferensi perdamaian internasional.

Dia menekankan bahwa suara yang luar biasa yang mendukung resolusi tersebut adalah respons alami dari komunitas internasional terhadap pelanggaran pendudukan Israel, serta respons terhadap kunjungan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo ke pemukiman kolonial Israel.

Dalam hal ini, al-Maliki meminta negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memikul tanggung jawab mereka untuk melindungi hak-hak yang tidak dapat dicabut dari rakyat Palestina, dan untuk mengambil tindakan praktis dalam menghadapi pendudukan Israel dan negara-negara “nakal” yang mendorong pelanggaran dan kejahatan Israel, seperti pemerintahan AS saat ini.

Al-Maliki juga memuji Komite Kedua Majelis Umum PBB karena sangat menyetujui rancangan resolusi yang meminta negara-negara untuk memastikan bahwa mereka tidak memperlakukan permukiman di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur sebagai bagian dari Israel. [BP/Alwafa/Newsnow/Aljazeera]

DISKUSI: