Benarkah Israel 2 Kali Rontokkan Drone Hizbullah?

0
219

Beirut,LiputanIslam.com-Tentara Israel pada Rabu malam (6/7) merilis statemen janggal terkait operasi drone Hizbullah.

Pada Rabu siang, harian Lebanon, al-Akhbar mengabarkan operasi drone Hizbullah lain di ladang gas Karish. Menukil dari sejumlah sumber tepercaya, al-Akhbar menulis, ”Drone-drone yang diterbangkan pada Sabtu (2/7) lalu bukanlah operasi pertama. Itu adalah operasi lanjutan untuk operasi yang dilakukan pada hari Rabu (29/6) sebelumnya.”

Sumber-sumber al-Akhbar mengatakan, ”Orang-orang AS pusing dan beberapa kali menghubungi untuk menanyakan apa yang sebenarnya terjadi… Jawabannya adalah seharusnya mereka tidak perlu terkejut, sebab sebelum ini mereka sudah mengetahui sikap yang diumumkan Resistansi. Resistansi telah menegaskan, selama kesepakatan belum dijalin, Israel tak akan dibiarkan mengeksploitasi gas.”

Setelah laporan al-Akhbar dipublikasikan, Radio Tentara Israel mengutip klaim dari Jubir Tentara Rezim Zionis bahwa mereka pada Rabu lalu juga telah merontokkan sebuah drone milik Hizbullah.

Padahal, Tentara Israel dalam statemen akhir pekan lalu “sama sekali tidak menyebut-nyebut operasi drone Hizbullah di hari Rabu sebelumnya.” Klaim ini dirilis hanya setelah al-Akhbar memberitakan operasi pertama Hizbullah atau seminggu setelah operasi tersebut.

“Keterlambatan” ini mengesankan bahwa sebenarnya Tentara Israel tidak tahu menahu soal operasi drone Hizbullah pada tanggal 29 Juni. Dengan demikian, klaim mereka telah menembak jatuh drone pada Rabu patut diragukan. (af/fars)

DISKUSI: