Belgia Minta Israel Disanksi Jika Menganeksasi Tepi Barat

0
143

Brussels, LiputanIslam.com—Parlemen Belgia mengesahkan sebuah resolusi pada Jumat (26/6) berisi desakan kepada pemerintah agar mendorong Uni Eropa menjatuhkan sanksi kepada Israel jika rencana aneksasi sebagian kawasan pendudukan Tepi Barat, Palestina, dilanjutkan.

Resolusi “mengenai pencaplokan Israel atas wilayah-wilayah pendudukan di Palestina” ini disetujui oleh 101 suara, 39 abstain, dan 0 menentang dari total 150 anggota parlemen Belgia. Resolusi diusulkan oleh anggota parlemen dari partai sayap kiri, termasuk Partai Sosialis dan partai Perancis dan Hijau.

Parlemen juga hendak membahas mosi yang menyerukan pengakuan negara Palestina. Namun, pembahasan ini ditunda karena mosi dikirim ke komite urusan luar negeri untuk didiskusikan lebih lanjut.

“Ini masalah membela hukum internasional. Tidak ada keraguan untuk dihormati dalam pertarungan ini,” kata anggota parlemen Ecolo Simon Moutquin yang menulis isi resolusi.

Menurut Moutquin, resolusi ini memiliki dua tujuan: “Di satu sisi, untuk mengirim pesan ke pemerintah Israel ‘Jangan lewati garis merah itu’. Di sisi lain, untuk memberikan harapan kepada Palestina yang telah menderita ketidakadilan selama beberapa dekade.”

Pada awal pekan ini, lebih dari 1.000 anggota parlemen Eropa dari berbagai spektrum politik mengeluarkan surat peringatan kepada Israel agar tidak mencaplok Tepi Barat. (ra/palestinechronicles)

DISKUSI: