Kontak Senjata Berat Sudan VS Ethiopia, Lusinan Tentara Tewas

0
726

Khartoum, LiputanIslam.com –  Kontak senjata pada dini hari Sabtu (27/11) di jalur perbatasan Sudan-Ethiopia menewaskan 21 pasukan Sudan dan melukai sedikitnya 30 lainnya, menurut laporan situs berita SudaneseTribune yang mengutip pernyataan sumber-sumber militer yang dapat dipercaya, Ahad (28/11).

Konfrontasi dan kekerasan meletus antara pasukan Sudan dan Ethiopia yang menerobos masuk ke wilayah Sudan di timur Barakat Noreen di pemukiman Melkamo pada kedalaman 17 kilometer.

Berbagai sumber mengatakan bahwa pertempuran sengit terjadi di timur daerah Umm Disa dan Barakat Noreen menuju pemukiman Ethiopia Malkamo, yang dibangun di wilayah Sudan di sebelah timur Sungai Atbara.

Kedua pihak menggunakan artileri berat dan senapan mesin dalam pertempuran selama delapan jam.

Sumber tersebut menambahkan, “21 tentara Sudan tewas, termasuk seorang perwira berpangkat mayor dan seorang letnan satu. Sekitar 30 lainnya terluka dan dipindahkan ke rumah sakit di wilayah Al-Qureisha.”

Laporan itu juga melaporkan jatuhnya sejumlah besar korban tewas dan terluka di pihak tentara Ethiopia.

Malam sebelumnya, tentara Sudan mengumumkan pihaknya menanggapi serangan pasukan Ethiopia dan kelompok-kelompok bersenjata “yang bertujuan mengintimidasi petani dan menyabot musim panen”, “menimbulkan kerugian yang signifikan dalam kehidupan dan peralatan”, dan “angkatan bersenjata menghitung sejumlah martir.”

Perbatasan Sudan dan Ethiopia dilanda ketegangan militer sejak November tahun lalu, ketika tentara Sudan mengerahkan kembali pasukannya di tanah Al-Fashqa dan memulihkan sebagian besar lahan pertanian yang telah ditanami kelompok-kelompok Ethiopia di bawah perlindungan milisi selama lebih dari 25 tahun.

Di pihak lain, Ethiopia menuduh angkatan bersenjata Sudan menyulut ketegangan di perbatasan dengan menyerbu wilayahnya dan menduduki lahan pertaniannya. (mm/raialyoum)

DISKUSI: