ASEAN Luncurkan ‘Kampanye Sejuta Tanda Tangan’ untuk Lawan Rencana Aneksasi Israel

0
253

Jakarta, LiputanIslam.com—Asosiasi Negara-Nagara Asia Tenggara (ASEAN) meluncurkan “kampanye sejuta tanda tangan” untuk melawan rencana aneksasi Tepi Barat oleh Israel.

“Kami sedang membangun gerakan intifada ASEAN online untuk mempertahankan kampanye untuk membebaskan Palestina dalam jangka panjang,” demikian pernyataan asosiasi beranggotakan 10 negara itu pada Senin (22/6).

ASEAN menyesalkan mengapa PBB tidak mampu mencegah aneksasi meskipun telah merancang resolusi tentang pelanggaran hukum internasional yang dilakukan oleh Israel.

Kampanye ini merupakan bagian dari seruan kecaman global terhadap keinginan Israel untuk mencaplok 30 persen wilayah Tepi Barat. Kampanye ini diharapkan dapat mengumpulkan satu juta tanda tangan dari komunitas ASEAN yang berpenduduk 600 juta orang.

“Tekanan internasional terhadap Israel harus diintensifkan, bukan hanya dengan mengecam, tetapi untuk menghentikan langkah aneksasi. Kami sangat percaya bahwa jika komunitas global tetap diam dan tidak melakukan tindakan nyata untuk menghentikan kekejaman Israel di Palestina, rencana tersebut akan menjadi langkah awal bagi Israel untuk mencaplok bagian-bagian yang tersisa dari Palestina,” demikian isi pernyataan ASEAN.

Rencana aneksasi merupakan langkah yang mengikuti proposal kontroversial Presiden AS Donald Trump bernama Deal of the Century. (ra/presstv)

DISKUSI: