AS Tunjuk Anggota Komite Pembentukan Peta Tepi Barat untuk Israel

0
4

Pemandangan pemukiman ilegal Maale Adumim Israel di kawasan pendudukan Tepi Barat di luar Yerusalem al-Quds. (By AFP)

Washington, LiputanIslam.com—Pemerintah AS baru-baru ini menunjuk anggota komite pembentukan peta wilayah Tepi Barat yang akan direbut oleh Israel sebagai bagian dari hasil “Kesepakatan Abad Ini”.

Menurut informasi dari seorang pejabat senior pemerintah Trump kepada kantor berita Israel, Hayom, dubes AS untuk Israel, David Friedman, akan memimpin komite tersebut.

“Saya merasa terhormat untuk melayani di Komite Bersama ini,” tulis Friedman lewat sebuah cuitan pada Sabtu (15/2), dengan menambahkan bahwa ia tidak sabar memulai tugasnya.

Beberapa anggota komite lainnya yang ditunjuk adalah penasihat senior Friedman, Aryeh Lightstone, dan pakar Dewan Keamanan Nasional AS untuk Israel, Scott Leith. Sementara itu, anggota dari pihak Israel adalah Menteri Pariwisata Yariv Levin dan Dubes Israel untuk AS, Ron Dermer.

Komite ini diumumkan oleh Trump pada bulan lalu saat mengumumkan gagasan Kesepakatan Abad Ini. Ia mengatakan, tugas komite ini adalah “mengubah peta konseptual menjadi lebih rinci … sehingga pengakuan [wilayah pencaplokan Israel] dapat segera dicapai.”

Sejauh ini, belum ada jadwal pasti kapan komite ini akan menyelesaikan tugas tersebut. Namun, PM Israel Benjamin Netanyahu telah diminta oleh anggota parlemen sayap-kanan untuk mengumumkan pencaplokan itu sebelum masa pemilu.

Sementara itu, menantu Trump,  Jared Kushner, yang dipercayai sebagai perancang Kesepakatan Abad Ini, berharap Israel bersedia menunggu hingga pemilu usai karena harus ada pembentukan tim untuk memeriksa peta tersebut. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS: