AS Siap Akui Perluasan Kedaulatan Israel

0
421

Washington, LiputanIslam.com—Pemerintah AS menyatakan siap mengakui upaya Israel untuk memperluas kedaulatannya di atas tanah pendudukan Palestina.

“Seperti yang telah kami jelaskan secara konsisten, kami siap mengakui tindakan Israel untuk memperluas kedaulatan Israel dan penerapan hukum Israel di atas kawasan Tepi Barat yang divisikan sebagai bagian dari Negara Israel,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS pada Senin (27/4).

Dia lebih lanjut menyatakan bahwa langkah itu berada dalam konteks rezim Israel yang setuju bernegosiasi dengan Palestina sesuai dalam visi Presiden AS Donald Trump.

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan proposal perdamaian yang digagas oleh Trump pada Januari lalu merupakan janji untuk mengakui kedaulatan Israel atas Tepi Barat.

Palestina pun menolak proposal perdamaian itu karena menyerahkan hampir semua tanah pendudukan yang telah dibangun dengan permukiman ilegal Yahudi kepada rezim Israel.

“Ini adalah kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan sangat bermanfaat bagi Palestina,” lanjut juru bicara AS tersebut.

Proposal AS yang sangat pro-Israel itu dinilai tidak menawarkan perdamaian karena mereka secara terang-terangan melanggar hukum internasional dan mencabut hak-hak dasar warga Palestina seperti atas status Yerusalem al-Quds, perbatasan negara masa depan Palestina yang berdaulat, dan hak kembalinya para pengungsi Palestina yang terusir dari tanah air.  (ra/presstv)

DISKUSI: