AS Disebut Tak Punya Program Apa pun Hadapi Iran

0
21

Washington,LiputanIslam.com-Sejumlah wakil dari Pemerintahan Joe Biden mengadakan pertemuan tertutup dengan Komite Hubungan Luar Negeri AS pada Rabu (15/6) kemarin.

Pertemuan itu diagendakan agar Senat AS bisa mengetahui apa yang disebut Plan B Washington tentang Iran dan perundingan Wina. Namun usai pertemuan, para senator AS kecewa dan menilai bahwa Gedung Putih datang dengan tangan kosong.

”Saya rasa mereka (Pemerintahan Biden) tidak memiliki Plan B. Mereka tidak menunjukkan apa pun soal ini kepada kami,”kata Senator Marco Rubio dari Florida, dilaporkan Jewish Insider.

Senator Demokrat dari Massachusetts, Ed Markey juga mengatakan, ”Perbincangan serius masih berlangsung. Saya berharap masih ada peluang keberhasilan.”

Senator Chris Murphy menilai, peluang keberhasilan dalam perundingan dengan Iran jauh lebih sedikit daripada 6 bulan lalu.

Senator Chris Van Hollen dari Maryland mengklaim, Plan B mencakup “beberapa elemen, termasuk opsi militer. Namun rencana ini akan menyebabkan banyak orang AS tewas”.

“Saya berharap Pemerintah AS masih berkomitmen untuk melakukan perundingan. Iran harus melakukan pilihan-pilihan berat demi kesepakatan,” ujar Van Hollen.

Senator garis keras Republik, Ted Cruz menyebut rapat tersebut “sangat mengkhawatirkan”. Ia mengatakan, ”Mereka (Pemerintahan Biden) tak punya Plan B, juga A. Sama sekali tak ada ada program.” (af/alalam)

DISKUSI: