AS dan Uni Eropa Senasib, Alutsista Menyusut karena Bantu Ukraina

0
300

Brussells,LiputanIslam.com-Wall Street Journal edisi Selasa 30 Agustus mengutip dari pejabat Kemenhan AS (Pentagon), yang berkata bahwa perang di Ukraina dan bantuan-bantuan Washington untuk Kiev telah menguras sebagian cadangan logistik utama Tentara AS.

Kini nasib serupa pun mendatangi Uni Eropa. Menyusutnya jumlah cadangan persenjataan dan perangkat militer negara-negara Eropa dikeluhkan oleh pejabat senior Uni Eropa, menyusul pengiriman bantuan terus menerus Benua Biru kepada Ukraina dalam perang melawan Rusia.

Staf Urusan Luar Negeri Uni Eropa Joseph Borrell mengabarkan, sebagian besar gudang senjata negara-negara Eropa telah kosong gara-gara bantuan alutsista untuk Kiev.

Kantor berita RIA Novosti melaporkan, Borrell dalam pidato di Parlemen Eropa mengatakan, cadangan persenjataan di negara-negara Eropa telah menyusut seiring berlanjutnya pengiriman bantuan untuk Ukraina.

“Cadangan perangkat militer sebagian besar negara-negara anggota (Uni Eropa), sudah banyak menyusut, jika tidak bisa dikatakan telah habis. Sebab kita terus memberikan sejumlah besar (persenjataan) kepada Ukraina,”kata Borrell.

Dia lalu mendesak agar negara-negara anggota Uni Eropa mengisi kembali gudang senjata mereka. Sebab, ia mengklaim, tindakan ini akan mengurangi biaya. (af/fars)

DISKUSI: