AS dan Eropa Ingin Dunia Lupakan Krisis Palestina

0
22

NewYork,LiputanIslam.com-Wakil Rusia di PBB, Vassily Nebenzia menyatakan, sekarang ini adalah saat untuk memperbaiki kondisi krisis Palestina dengan melaksanakan resolusi-resolusi yang dibuat untuk mengatasinya.

“Dewan Keamanan benar-benar berutang kepada orang-orang Palestina. Berbagai resolusi Dewan Keamanan dan Sidang Umum PBB tidak dilaksanakan selama berdekade-dekade. Menarik bahwa kenapa mereka yang mencegah eksekusi resolusi-resolusi itu tidak memberikan laporan soal masalah ini,” kata Nebenzia dalam rapat Dewan Keamanan PBB pada Jumat malam (28/10).

Diplomat Rusia ini menegaskan, sudah saatnya bagi Dewan Keamanan untuk mengambil langkah konkret demi memperbaiki kondisi ini.

“Kami meminta semua pihak untuk menahan diri dan segera menghentikan kekerasan serta aksi-aksi provokatif. Kekerasan bisa berupa tindakan-tindakan sepihak, seperti perampasan tanah, pembangunan permukiman di Tanah Pendudukan, pengusiran warga Palestina, penghancuran rumah-rumah mereka, pencabutan hak milik, dan penangkapan semena-mena oleh Israel,” imbuh Nebenzia.

Ia menilai, AS dan Eropa berusaha memalingkan perhatian dari krisis Palestina dan menyatakan, AS dan Uni Eropa berperan dalam situasi bentrokan antara Palestina dan Israel.

“Dengan mengumumkan pentingnya penyusunan prioritas krisis-krisis lain, Washington dan Brussells berusaha mengalihkan perhatian masyarakat dunia dari konfrontasi-konfrontasi regional genting, termasuk bentrokan Palestina-Israel yang merupakan (krisis) kunci di Timur Tengah.”

“Para partner kami” (AS dan Eropa) akan selalu punya dalih-dalih kenapa mereka tidak siap untuk bertindak serius demi mendamaikan Palestina dan Israel,”sindir Nebenzia. (af/fars)

DISKUSI: