Apa yang Terjadi dengan Uang Sitaan dari Para Tahanan Ritz Carlton?

0
117

Riyadh,LiputanIslam.com-Nasib milyaran dolar aset yang disita dari para tahanan Hotel Ritz Carlton kembali menyita perhatian. Tiga tahun setelah penahanan para pangeran dan pebisnis kaya Saudi di hotel luks tersebut, kini publik mempertanyakan di manakah uang tersebut?

Hingga kini, Pemerintah Saudi belum mengungkap secara rinci soal penyitaan aset para tahanan tersebut. Tiga tahun lalu, Muhammad bin Salman memerintahkan penahanan sejumlah pangeran dan pengusaha Saudi, dengan dalih perang melawan korupsi.

Sekarang tak seorang pun tahu nasib uang dalam jumlah besar yang diambil Pemerintah Saudi, sebagai imbalan untuk kebebasan para tahanan itu. Pertanyaan ini terus muncul, karena saat ini warga Saudi berada dalam kondisi sulit, menyusul diberlakukannya pengetatan ekonomi dan naiknya pajak di tengah pandemi Corona.

Pertanyaan ini kembali mencuat ke permukaan, menyusul adanya wawancara seorang oposisi Saudibernama Omar bin Abdulaziz dengan salah satu mantan pejabat bank Saudi, Said al-Zahrani. Wawancara ini ditayangkan secara langsung di media sosial.

Aktivis Saudi yang menetap di Kanada ini kembali menyibukkan media sosial, setelah ia menyiarkan video tentang Bin Salman dan alasan-alasan dia menutupi tindakan-tindakannya.

Al-Zahrani mengungkapkan, uang dalam jumlah besar telah diambil dari para pangeran dan pebisnis Saudi yang ditangkap pada 10 September 2017.

Kabar ini direspons aktivis dan netizen di media sosial. Mereka mengunggah cuitan sebagai bentuk penentangan terhadap kebijakan ekonomi Bin Salman, sekaligus menudingnya telah mencuri aset-aset negara.

Di masa itu, Saudi mengumumkan telah menyita 400 milyar riyal dari para tahanan, termasuk Walid bin Talal.

Seorang aktivis bernama Umaimah al-Najar mencuit,”Para pencuri saling mencopet kocek satu sama lain. Setelah mereka kenyang, kini mereka menaikkan pajak rakyat miskin hingga 3 kali lipat. Di manakah semua uang itu?”

Aktivis lain bernama Sarah al-Shahrani menujukan pertanyaan kepada Bin Salman,”Di manakah uang yang kau ambil dari pada tahanan Ritz Carlton?” (af/alalam)

Baca Juga:

Para Pangeran Tahanan Saudi Minta Bantuan AS untuk Hadapi Bin Salman

Majalah Prancis: Pengetatan Ekonomi akan Goyahkan Tiang Pemerintahan Saudi

DISKUSI: