AP Desak Investigasi atas Pengeboman Gedung Kantor Berita oleh Israel

0
273

Gedung kantor The Associated Press dan media lain di Kota Gaza hancur setelah terkena serangan udara oleh Israel pada 15 Mei 2021. (AP Photo/Hatem Moussa)

Gaza, LiputanIslam.com— Editor eksekutif kantor berita The Associated Press (AP) pada Minggu (16/5) meminta adanya investigasi independen atas serangan udara Israel yang menghancurkan gedung berisi kantor AP, Al-Jazeera, dan media lain, di Kota Gaza.

Editor bernama Sally Buzbee itu mengatakan bahwa pemerintah Israel belum memberikan bukti yang jelas sebagai alasan serangan tersebut yang telah meratakan gedung al-Jalaa setinggi 12 lantai.

Sebelum pengeboman, Israel mengklaim Hamas menggunakan gedung itu sebagai kantor intelijen militer dan pengembangan senjata.

Namun, juru bicara militer Israel Letnan Kolonel Jonathan Conricus mengatakan Israel sedang mengumpulkan bukti atas klaim tersebut tetapi menolak untuk memperlihatkan bukti itu dalam dua hari ke depan.

Buzbee mengatakan, AP telah memiliki kantor di menara al-Jalaa selama 15 tahun dan tidak pernah ada indikasi bahwa Hamas berada di dalam gedung tersebut.

“Kami berada dalam situasi konflik,” kata Buzbee. “Kami tidak memihak dalam konflik itu. Kami mendengar Israel mengatakan mereka memiliki bukti; kami tidak tahu apa buktinya,”

“Kami rasa seharusnya saat ini ada pencarian [penyelidikan] independen tentang apa yang terjadi kemarin …,” tambahnya. (ra/AP)

 

DISKUSI: