Anggaran Militer Dunia Pecahkan Rekor Tertinggi

0
110

Washington, LiputanIslam.com–Anggaran militer global selama tahun 2019 lalu mencapai titik tertinggi selama 10 tahun terakhir bersama dengan melejitnya biaya “pertahanan” AS.

Secara umum, pengeluaran militer dari 170 negara melonjak sebesar 4 persen pada tahun 2019 dibandingkan tahun sebelumnya. Demikian laporan yang dirilis oleh Institut Studi Strategis Internasional (IISS) pada hari Jumat (14/2).

Di saat yang sama, anggaran militer AS sendiri mencapai $685 miliar, kira-kira setara dengan seluruh anggaran militer Inggris. Total pengeluaran ini melebihi anggaran 11 negara jika digabungkan, yaitu Cina, Arab Saudi, Rusia, India, Inggris, Prancis, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Brasil, dan Italia.

Sementara itu Cina menempati urutan kedua dengan menghabiskan sekitar $ 181 miliar pada tahun lalu. Dibandingkan tahun 2018, anggaran Washington dan Beijing sama-sama tumbuh sekitar 6,6 persen.

Anggaran militer di Eropa juga meningkat tajam setelah AS menuntut mitra-mitra NATO-nya agar lebih berkontribusi pada sektor pertahanan kawasan. (ra/rt)

DISKUSI: