Aneh bin Ajaib, Mau ke Jerman, Pesawat Malah Mendarat di Skotlandia

0
103

London,LiputanIslam.com-Sebuah peristiwa langka, sekaligus aneh, di dunia penerbangan terjadi baru-baru ini. Pesawat dari maskapai British Airways yang hendak menuju Dusseldorf (Jerman) justru mendarat di bandara Edinburgh (Skotlandia).

British Airways mengklaim, peristiwa ini terjadi akibat kekeliruan birokrasi, sehingga penerbangan dari London menuju Dusseldorf kesasar di kota Edinburgh yang berjarak 800 kilometer dari tujuan asli.

Penerbangan ini seharusnya berangkat pada Senin pagi (25/3) dari London menuju Benua Eropa. Namun pesawat itu justru terbang ke arah sebaliknya menuju utara sehingga mendarat di Skotlandia.

Para penumpang baru menyadari kesalahan penerbangan saat pilot mengumumkan kedatangan di bandara Edinburgh. Awalnya mereka mengira pilot sedang bercanda. Setelah sadar, mereka pun kontan melayangkan caci maki kepada pilot.

Penerbangan ini disewa dan dimanajemen oleh perusahaan Jerman WDL. Pilot mengambil jalur yang salah lantaran menerima instruksi dari Jerman.

Usai menyadari kekeliruannya, pilot meminta agar penumpang yang ingin pergi ke Dusseldorf mengangkat tangannya. Semua penumpang pun mengangkat tangan mereka tanpa terkecuali.

Setelah mengisi bahan bakar di bandara Edinburgh dan terlambat 2,5 jam, pesawat dengan 90 penumpang itu terbang kembali menuju Dusseldorf.

Selain mendapatkan ‘keistimewaan’ terbang ke Edinburgh, para penumpang harus menerima kompensasi sedikitnya 250 euro per orang, sebab mereka terlambat sampai tujuan hingga lebih dari 5 jam.

Menurut laporan British Airways, pihaknya tengah menyelidiki sebab-sebab terjadinya peristiwa aneh bin ajaib ini. (af/yjc)

DISKUSI: