Analis Zionis: Israel Butuh Waktu Lama untuk Pulihkan Citranya Pasca Perang vs Gaza

0
416

TelAviv,LiputanIslam.com-Ronin Brigman, analis intelijen harian Yedioth Ahronoth, mengutip dari sumber-sumber Militer Israel bahwa Hamas butuh satu hingga satu setengah tahun untuk merekonstruksi kekuatan dan mendapatkan senjata. Sebab itu, ia menilai Hamas dalam rentang waktu ini tidak bisa terjun kembali ke medan perang dengan segera.

Meski begitu, klaim Brigman ini bertentangan dengan pernyataan seorang petinggi Hamas, Usamah Hamdan. Saat pertempuran tengah berkecamuk beberapa waktu lalu, Hamdan dalam wawancara dengan Associated Press mengatakan, ”Saya bisa meyakinkan Anda bahwa berdasarkan apa yang kami saksikan di hari-hari pertama perang, serangan ke Tel Aviv dan sebagian titik di Quds bisa berlanjut selama berhari-hari, bahkan berbulan-bulan.”

“Hamas telah meraih sebuah kesuksesan yang tidak bisa dibandingkan dengan kesuksesan lain, yaitu menjadikan isu Palestina sebagai persoalan global kembali, menjatuhkan citra Israel dan, secara umum, Yahudi. Israel butuh waktu bertahun-tahun untuk merehabilitasi citranya”, tulis Brigman.

Di akhir tulisannya, Brigman menyatakan bahwa meski Otoritas Militer Israel ingin melancarkan perang lain, namun Otoritas Politik tidak akan menyepakatinya. Menurutnya, ia sangsi bahwa Kabinet Netanyahu, atau Kabinet baru, akan menerima saran Militer Israel untuk menyerang Gaza lagi. (af/fars)

DISKUSI: