Analis Israel: Tak Ada yang Bisa Analisis Isi Kepala Sekjen Hizbullah

0
234

TelAviv,LiputanIslam.com-Analis urusan militer di stasiun televisi Israel. KAN, Rui Sharon menyebut bahwa Sekjen Hizbullah adalah “teka teki yang tak terpecahkan”. Menurut Sharon, kepribadian Sayyid Hasan Nasrallah tak mungkin dianalisis dan dibedah.

“Belum ada satu pun komandan atau agen intelijen Israel atau Barat yang terlahir untuk bisa memasuki kepala Nasrallah dan berhasil menganalisis perencanaannya. Kegagalan ini terus berulang dalam kasus Hamas dan Nasrallah. Berkat kebijakan Israel selama dekade terakhir, Nasrallah sudah biasa memanjat pohon (menjadi terkenal). Sebab itu, ia merasa bisa mengancam Israel sehubungan dengan penentuan perbatasan”, tulis Sharon.

Statemen ini terlontar menyusul perselisihan antara Beirut dan Tel Aviv soal penentuan perbatasan bahari. Perselisihan ini muncul karena adanya perbaikan dan catatan Lebanon dalam draf kesepakatan yang diajukan mediator AS.

Perubahan terpenting yang diinginkan Lebanon dalam draf itu berhubungan dengan diakuinya jalur kapal laut sebagai perbatasan internasional. Namun Otoritas Israel mengklaim, jalur itu adalah “kepentingan keamanan utama bagi Israel dan penting bagi Tel Aviv untuk mempertahankan jalur itu demi alasan keamanan”.

Dalam beberapa hari terakhir dan di tengah atmosfer dalam negeri Israel ini, semua perdebatan berkisar seputar penentuan perbatasan ini. Para pendukung dan penentang kesepakatan saling menuduh satu sama lain.

Menurut Rai al-Youm, titik kesamaan antara kedua belah pihak Zionis yang berseteru adalah keberhasilan Sayyid Nasrallah dalam menundukkan AS dan Israel, serta memaksa mereka untuk memberikan keunggulan kepada Lebanon. Hal ini dilakukan Sekjen Hizbullah dengan mengancam untuk menyulut perang di utara Tanah Pendudukan. (af/fars)

DISKUSI: