Rusia Tuding Ukraina Berada di Balik Pemboman yang Menewaskan Darya Dugina

0
179

Darya Dugina dan ayahnya, Filsuf Alexander Dugin

Moskow, LiputanIslam.com    Intelijen Rusia menuduh “dinas khusus” Ukraina berada di balik  pemboman terhadap sebuah mobil hingga menewaskan pengendaranya, Darya Dugina, putri seorang ultra-nasionalis Rusia yang berpengaruh dan mendukung invasi Rusia di Ukraina.

Pembunuhan Dugina pada Sabtu pekan lalu itu memicu spekulasi mengenai siapa di balik serangan itu,sementara  Kyiv menyangkal keterlibatannya.

Penyelidik Rusia menyatakan bahwa sebuah alat peledak meledakkan Toyota Land Cruiser yang dikendarai Dugina di jalan raya di luar Moskow.

Menurut media Rusia, ayah Darya, Alexander Dugin, bertukar mobil dengan putrinya sesaat sebelum ledakan terjadi.

Dugin adalah seorang filsuf, penulis, dan teoritikus politik yang oleh sebagian pengamat Barat disebut sebagai “otak Putin”. Dugin diduga oleh sebagian orang sebagai target yang sebenarnya dari serangan bom tersebut.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Seni n (22/8), Layanan Keamanan Federal Rusia (FSB), penerus utama KGB, menyatakan “kejahatan itu disiapkan dan dilakukan oleh dinas khusus Ukraina”.

Badan intelijen Rusia menjelaskan seorang wanita dan putrinya yang masih remaja tiba di Rusia pada Juli lalu dan menghabiskan waktu satu bulan untuk mempersiapkan serangan dengan menyewa sebuah apartemen di blok perumahan yang sama dan mencermati gaya hidup Dugina.

Terduga penyerang berada di sebuah acara di luar Moskow pada Sabtu malam yang juga dihadiri Dugina dan ayahnya, sebelum melakukan “ledakan terkendali” terhadap mobil Dugina dan kemudian melarikan diri dari Rusia ke Estonia, kata FSB.

Badan intelijen juga merilis video pengawasan keamanan dari tersangka pembunuh serta ID militernya, dan menyebutnya milik resimen Azov Ukraina. (mm/aljazeera)

DISKUSI: