National Interest: Jet Tempur Generasi Kelimanya Banyak Masalah, AS Tak Bisa Kalahkan Rusia dan China

0
511

Washington, LiputanIslam.com –  Majalah AS National Interest menyebutkan bahwa Angkatan Udara AS berkemungkinan kalah jika berperang melawan Rusia dan China, karena jet tempur generasi kelima milik AS mengalami banyak masalah.

Dalam artikel karya editor pertahanannya, Kris Osborn, majalah itu menjelaskan bahwa meskipun AS memiliki jet tempur F-22 dan F-35, namun keduanya mengalami banyak cacat produksi.

Menurut Osborn, sebagian besar jet tempur AS adalah generasi keempat, yang jika dihadapkan dengan sistem pertahanan udara Rusia dan China, tidak memiliki kemampuan menyusup ke zona udara lawan secara tersembunyi.

“AU AS membutuhkan jet tempur yang dapat menyusup ke kawasan yang tercakup oleh sistem pertahanan udara,” tulis National Interest, yang juga menyebutkan bahwa keunggulan dalam pertempuran udara memerlukan kecepatan, manuver, dan kemampuan berkelit dari radar.

Majalah ini mencatat bahwa sistem pertahanan udara HQ-9 China serta S-400 Rusia dapat menjadi kendala bagi banyak pesawat AS, sementara Rusia dan China dapat memenuhi jet tempur generasi kelimanya dengan Sukhoi 57 dan J-31, yang menurut para pakar militer AS, dapat dikalah oleh jet tempur generasi kelima AS. (mm/fna)

DISKUSI: