Aliansi al-Fath Peringatkan Konspirasi AS-Inggris dan UEA di Irak

0
143

Baghdad,LiputanIslam.com-Anggota Aliansi al-Fath di Parlemen Irak, Muhammad Jasim mengatakan, ketegangan politik di Irak disebabkan persekongkolan AS-Inggris dan UEA, yang menempatkan rakyat Irak di hadapan 2 pilihan.

“Pemilu yang dikelola oleh AS, Inggris, dan UEA sudah jelas sejak awal. Kami telah berkali-kali melayangkan peringatan soal ini dalam berbagai momen,”kata Jasim kepada al-Maalomah.

“Apa yang terjadi sekarang adalah hasil dari konspirasi lokal, regional, dan internasional. Konspirasi ini menempatkan faksi-faksi politik di hadapan 2 pilihan: membentuk Pemerintahan yang mendukung normalisasi dengan Rezim Zionis, atau terjadinya perang saudara, khususnya konflik antar-Syiah.”

“Yang membuat para konspirator di Irak khawatir adalah disahkannya UU Kriminalisasi normalisasi hubungan dengan Israel,”tandasnya.

Di lain pihak, anggota Kantor Politik Gerakan Rakyat Yordania, Muhammad Ahmad al-Rausan berbicara kepada al-Maalomah terkait kerusuhan dalam beberapa hari terakhir di Irak, juga serbuan para pendukung kelompok Sadr ke gedung Parlemen Irak.

“AS tengah merancang huru hara dan kerusuhan di Irak serta menciptakan perang antar-Syiah di negara ini. Irak dengan semua bagiannya tidak akan membiarkan AS dan pihak-pihak lain menyulut perang di tengah kelompok tertentu di negara ini,”kata al-Rausan.

Ia menambahkan, AS ingin menyalahgunakan sebagian demo untuk menyalakan api kerusuhan di Irak. AS disebut al-Rausan berada di balik memburuknya krisis politik di Irak, yang tujuannya adalah mempertahankan pasukannya di pangkalan-pangkalan militer Irak. (af/fars)

DISKUSI: