Aktivis Kurdi Sebut Keterlibatan Asing dalam Kerusuhan Irak

0
146

Baghdad,LiputanIslam.com-Seorang aktivis politik Kurdi menyatakan, beberapa elemen asing melakukan persekongkolan guna menebar benih sengketa di tengah kelompok-kelompok Syiah Irak.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi al-Maalomah, Ahmad Bakhtiari memandang terjadinya rangkain insiden dan kericuhan di Zona Hijau Baghdad hingga Basrah sebagai pertanda konspirasi asing tersebut.

Menurutnya, salah satu buktinya adalah adanya berbagai akun di medsos yang menggunakan nama palsu. Akun-akun ini menyebarkan isu dan berita hoaks serta menebar perpecahan.

“Terjadinya aksi pembakaran di Baghdad atau Basrah tidak akan terbatas pada tembok-tembok dua kota ini, tapi nyalanya akan menjilat-jilat hingga semua provinsi. Oleh karena itu, semua faksi politik harus menjaga ucapan serta sikap mereka, agar tidak disalahgunakan oleh sebagian pihak,” tandas Bakhtiari.

Dalam beberapa hari lalu, Irak menjadi ajang bentrokan berdarah dan kericuhan yang dilakukan pendukung kelompok Moqtada Sadr di kawasan Zona Hijau Baghdad dan Basrah. Dalam bentrokan antara pasukan Brigade al-Salam (sayap militer kelompok Sadr) dan aparat keamanan, sedikitnya 30 orang tewas dan lebih dari 700 lainnya luka-luka.

Beberapa malam lalu, 4 orang tewas saat para pendukung Sadr berusaha membakar kantor-kantor kelompok Ashaib Ahl al-Haq.

Sekjen Ashaib Ahl al-Haq, Qais Khazali, pada Kamis kemarin dalam statemennya menyatakan bahwa semua kantor kelompok ini akan ditutup. Dia juga meminta semua pihak agar tidak membiarkan long march Arbain terganggu oleh kerusuhan ini. (af/fars)

DISKUSI: