Aksi Protes Anti-Rasisme Terus Berlanjut di Kenosha, AS

0
62

Washington, LiputanIslam.com–Aksi protes anti-rasisme Black Lives Matter terus berlanjut di kota Kenosha, Wisconsin AS, sepekan setelah pembunuhan pria Amerika-Afrika, Jacob Blake, oleh polisi kulit putih.

Pada hari Minggu (30/8) malam kemarin, ratusan pengunjuk rasa anti-rasisme berkumpul di dekat gedung kepolisian kota Kenosha. Mereka bersama-sama mengecam ketidakadilan rasial dan kebrutalan polisi.

“Kita tidak akan berhenti,” tegas ayah Blake, Jacob Sr, di depan para pengunjuk rasa.

“Kita masih menderita karena ada dua sistem peradilan. Satu untuk anak laki-laki kulit putih [Rittenhouse] yang… membunuh dua orang dan meledakkan lengan orang lain. Lalu ada satu untuk anakku,” lanjutnya saat menjelaskan ketidakadilan hukum bagi orang Afrika-Amerika.

Ayah Jacob Blake berbicara di depan pengunjuk rasa di Civic Center Park, Kenosha, Wisconsin. (Photo by Reuters)

Polisi mengklaim aksi tersebut ilegal dan memerintahkan para pengunjuk rasa untuk bubar. Polisi bahkan mengancam akan menangkap siapapun yang melanggar perintah.

Dalam sebuah video yang tersebar online, sekitar 20 petugas kepolisian terlihat bergegas keluar dari gedung untuk membersihkan area dan menangkap sejumlah pengunjuk rasa.

Aksi protes di seluruh penjuru AS kembali meletus dalam beberapa hari terakhir setelah seorang pria Afrika-Amerika, Jacob Blake, meninggal karena ditembak oleh polisi kulit putih. Ia ditembak beberapa kali di punggungnya dan disaksikan oleh anak-anaknya sendiri.

Penembakan brutal terhadap Blake telah menambah kemarahan warga AS atas kejahatan rasisme dan kebrutalan polisi pasca pembunuhan George Floyd. (ra/presstv)

DISKUSI: