Akibat Corona, KTT G7 Akan Digelar dengan Video-Conference

0
114

Washington, LiputanIslam.com—Presiden AS Donald Trump membatalkan pertemuan tatap muka KTT G7 pada bulan Juni mendatang akibat virus corona. Pertemuan KTT ini akan dilakukan dengan perangkat video-conference. Demikian laporan dari Gedung Putih pada Kamis (19/3).

Keputusan ini diambil setelah sejumlah negara menutup perbatasan mereka dan melarang perjalanan ke luar dalam rangka menghentikan penyebaran virus.

“Agar masing-masing negara fokus… merespon tantangan kesehatan dan ekonomi akibat COVID-19, dan atas arahan Presiden Trump, Direktur Dewan Ekonomi Nasional dan Sherpa AS untuk G7 2020, Larry Kudlow, telah memberi tahu rekan-rekannya bahwa KTT G7 yang akan diselenggarakan pada bulan Juni di Camp David akan dilakukan melalui konferensi-video,” kata jubir Gedung Putih, Judd Deere, kepada Reuters.

Trump berniat memfokuskan pertemuan G7 tahun ini pada bidang ekonomi dan menghindari topik-topik tradisional yang sering menjadi agenda utama seperti perubahan iklim.

G7 terdiri dari AS, Italia, Jepang, Kanada, Prancis, Jerman, Inggris, serta Uni Eropa. Uni Eropa sendiri dibuat jengkel oleh Trump karena baru saja mengeluarkan larangan perjalanan tanpa terlebih dahulu memberitahu para pemimpin Eropa. Saat ini, Eropa telah menjadi salah satu pusat pernyebaran virus corona terparah di dunia. (ra/presstv)

 

DISKUSI: