180 Badan HAM Desak ICC Selidiki Kejahatan Israel

0
108

Tepi Barat, LiputanIslam.com–Lebih dari  180 badan Hak Asasi Manusia dari seluruh dunia mendesak kepala jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), Fatou Bensouda, untuk menyelidiki kejahatan rezim Israel di wilayah pendudukan Palestina.

Dalam sebuah surat terbuka bersama yang diprakarsai oleh koalisi Palestina sebagai wakil dari 200 organisasi, mereka menyatakan dukungan atas temuan-temuan jaksa penuntut yang diajukan ke Kamar Pra-Pengadilan ICC awal tahun ini.

“Kami mendesak bahwa di tengah iklim impunitas yang merebak selama lebih dari lima dekade… pelaku kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan di Palestina … harus bertanggung jawab di Mahkamah Pidana Internasional,” demikian isi dari surat itu.

Pada 19 Desember 2019 lalu, Bensouda menyebut ICC akan meluncurkan penyelidikan penuh terhadap kejahatan perang di wilayah Palestina. Hal ini dilakukan karena ada “dasar yang masuk akal” untuk menyelidiki situasi di Palestina.

Kementerian Luar Negeri Palestina pun menyambut baik rencana ICC ini.

“Palestina menyambut langkah ini sebagai langkah lama untuk memajukan proses menuju penyelidikan, setelah hampir lima tahun yang panjang dan sulit dalam tahap pemeriksaan pendahuluan,” tegas kemenlu Palestina.

Namun, langkah ICC ini segera ditolak oleh AS dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang menyebutnya sebagai “keputusan yang tidak berdasar dan memalukan.” (ra/presstv)

 

DISKUSI: