16 Orang Tewas Usai Houthi Lancarkan Serangan Mematikan ke Arah Pasukan Pro-Saudi

0
872

Ilustrasi pasukan Houthi Yaman. Sumber foto: Al-Masdar News

Aden,LiputanIslam.com—Kelompok perlawanan Houthi Yaman telah melancarkan serangan mematikan pada Sabtu (25/4) dini hari kemarin ke arah pasukan pro-Saudi di sejumlah titik di Provinsi Dhalea, Yaman selatan.

“Sejumlah pejuang Houthi telah menyerang beberapa titik tempat pasukan pro-Saudi berada, mulai dari distrik Al-Husha sampai ke bagian barat provinsi Dhalea,” jelas seorang sumber militer seperti dikutip kantor berita Xinhua.

Kelompok ini menyebut, pasukan pro-Saudi juga memberikan perlawanan dan pertempuran antara kedua kelompok berlangsung selama beberapa jam.

11 orang anggota Houthi dan enam orang pasukan pro-Saudi dinyatakan tewas dalam pertempuran.

Baca juga:

STC Deklarasikan Pemerintahan Baru di Yaman Selatan

Koalisi pasukan yang dipimpin Arab Saudi mulai menyerbu Yaman pada Maret 2015 lalu. Tujuannya adalah untuk memberantas kelompok pribumi Houthi dari Yaman dan mengukuhkan kembali mantan presiden Yaman, Abd Rabbuh Mansur Hadi—kolega dekat kerajaan Saudi—untuk memimpin.

Kubu koalisi pimpinan Arab Saudi menguasai sejumlah wilayah di Yaman selatan, sementara Houthi masih berakar kuat di Yaman utara. Aksi saling serang antara masing-masing kubu masih terus berlanjut, meski adanya seruan genjatan senjata dari PBB di tengah mewabahnya pandemi Covid-19 di negara itu. (fd/RT)

 

DISKUSI: