130 Politisi Inggris Minta Israel Disanksi Atas Rencana Ekspansi di Tepi Barat

0
103

Pemukiman Givat Zeev Israel dekat kawasan pendudukan Ramallah, Tepi Barat (Photo by AFP)

London, LiputanIslam.com—Sejumlah besar politisi Inggris mendesak penjatuhan sanksi terhadap Israel jika rencana aneksasi di kawasan pendudukan Tepi Barat terus dilanjutkan.

Mereka menyebut langkah aneksasi ini ilegal di bawah hukum internasional.

Dalam sebuah surat yang diorganisir oleh Council for Arab-British Understanding (Caabu) pada hari Jumat (1/5), 127 mantan nggota parlemen dan anggota saat ini dari seluruh spektrum politik Inggris menyatakan kemarahan mereka pada rencana aneksasi Tepi Barat oleh Israel.

Mereka pun mendesak Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyatakan dengan jelas bahwa upaya Israel ini ilegal menurut hukum internasional dan “akan memiliki konsekuensi berat termasuk sanksi”.

“Hukum internasional itu sangat jelas. Perampasan wilayah melalui perang itu dilarang,” demikian isi surat itu.

Beberapa waktu yang lalu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menetapkan 1 Juli sebagai tanggal permulaan diskusi kabinet tentang perluasan perampasan tanah di Tepi Barat dan Lembah Jordan.

Para politisi Inggris pun menyebut kebijakan ini sebagai “pukulan mematikan” bagi upaya perdamaian dan solusi dua-negara. Menurut mereka, Israel memanfaatkan wabah corona untuk “mengimplementasikan rencana mengerikan ini”. (ra/presstv)

DISKUSI: